Kamis, April 14, 2016

Part 1: Apa itu Oriflame? Tentang Bisnis dan Perusahaan

Kali ini saya mau membahas tentang Perusahaan dan Bisnisnya Oriflame.

Pusat Oriflame Dunia
Oriflame adalah Perusahaan Kecantikan Internasional yang menawarkan produk kosmetik & perawatan kulit alami berkualitas tinggi melalui jaringan penjualan mandiri dengan sistem penjualan langsung.

Oriflame didirikan di Swedia oleh kakak beradik Robert dan Jonas Af Jochnick tahun 1967.. yang artinya tahun 2017 nanti akan merayakan ulang tahunnya yang ke 50!

Sudah lama yaa... yang pastinya Oriflame sudah berdiri lama sebelum aku lahir.

Saat ini Oriflame sudah beroperasi di lebih dari 60 negara di dunia, dan memiliki sekitar 1000 jenis produk yang diproduksi sendiri di 5 pabrik Oriflame yang terletak di:
  1. Swedia
  2. Polandia
  3. India
  4. Cina
  5. Rusia
Sedangkan untuk Global R&D Center nya (Pusat Penelitian dan Pengembangan), Oriflame itu punya lebih dari 100 ilmuwan. Jadi produk-produk Oriflame itu sebelum diluncurkan sudah terlebih dahulu di lakukan penelitian bertahun-tahun.

Produk-produknya berbasis bahan-bahan alami dan tidak pernah diuji cobakan menggunakan hewan! jadi langsung kepada manusia. Bisa dibayangkan pastinya gak akan sembarang produk di test ke manuasia langsung. bisa-bisa tidak ada yang bersedia kalau produknya berbahaya atau merusak kulit kan???

Dari sini bisa disimpulkan yah, bahwa produk Oriflame itu bukan produk asal-asalan atau produk "yang penting ada". Tapi produk Oriflame benar-benar dipersiapkan dengan sebaik-baiknya hingga memiliki kualitas terbaik.
Dan karena Oriflame benar-benar percaya sama kualitas produknya, maka Oriflame berani memberikan jaminan kepuasan 100% selama 30 hari loh!


Oriflame Garansi
Kepuasan Pelanggan

Jadi kalau kita beli produk Oriflame terus ngerasa gak puas, bisa dikembaliin tuh, dan akan langsung diganti sama produk lain yang nilainya sama, walaupun sudah sempat berkali-kali dipakai produk pertamanya.

Profesionalisme Oriflame

Dengan penjualan tahunan sekitar 1,5 Miliar Euro, saat ini Oriflame sudah terdaftar di bursa saham Stockholm, Nasdaq OMX sejak Maret 2004. Perusahaan yang sudah terdaftar di bursa saham internasional seperti ini, sudah pasti kinerjanya harus profesional dong yaa... karena perusahaan harus bertanggung jawab sama para pemegang saham.

Karena perusahaan sudah go public, maka laporan keungan perusahaan Oriflame ini pun transparan banget. Laporan kapitalnya bisa dilihat di Oriflame Investor Relation, dijabarin sejelas-jelasnya sampai data terkini. Jujur, aku coba cari info yang sama seperti diatas, untuk perusahaan lain di Indonesia yang model bisnisnya sejenis Oriflame, belum nemu tuh sampai tulisan ini dibuat, apalagi yang model money game.. sudah pasti ga bakal ada! :)

Apa itu Oriflame Indonesia

Oriflame masuk ke Indonesia tahun 1986. Menurut Bapak Fawzi Siddik (Komisaris Oriflame Indonesia, dan beliau juga menjabat sebagai Komisaris di Ericsson Indonesia) ada 3 tahap dekade perkembangan Oriflame di Indonesia, yaitu:
  • Tahap 10 Tahun Pertama (1986 - 1996)
Inilah tahap permulaan perusahaan, dimana kantor pusat Oriflame di Jakarta hanya terletak di sebuah ruko 3 lantai di Jl. Musi, Jakarta.

Penjualan di tahun 1991 hanya Rp. 117 Juta, dengan jumlah member Oriflame sekitar 800 orang saja. Perjalanan keluar negeri yang ditawarkan Oriflame juga hanya seputra negara-negara di Asia.

Kalai dibandingkan dengan Oriflame seluruh dunia (lebih dari 60 negara), Indonesia cuma urutan nomor 2 dari bawah. :(
  • Tahap 10 Tahun Kedua (1996 - 2006)
Disebut sebagai era "Membangun fondasi untuk tinggal landas". Kantor pusatnya pindah ke Gedung 2 tingkat di area Bulungan Jakarta.

Perjalanan ke luar negeri yang ditawarkan juga sudah bukan di Asia lagi, tapi juga Afrika & Australia.

Penjualannya sempat melonjak pesat di tahun 1997 mencapai 51 Milyar. Dan saat krisis moneter Indonesia, tahun 1999 mengalami penurunan menjadi 14 Milyar. Walaupun begitu, Oriflame Indonesia berhasil survive dan bertahan bisnisnya.

Bahkan Indonesia mulai masuk ke 10 besar Oriflame Global.. :)
  • Tahap 10 Tahun Ketiga (2006 - 2016)
Termasuk tahun 2016 ini, disebut sebagai era "tinggal landas". Kenapa? karena dalam 10 tahun kedepan, Oriflame Indonesia berencana akan menjadi lebih besar lagi. Kamu mau ikut sukses bareng kita dan gabung sekarang juga? ;)

Kantor pusat yang awalnya cuma di ruko, sekarang sudah berada di salah satu Gedung Pencakar Langit di Jakarta (Standard Chartered Building, Sudirman).

Perjalanan keluar negeri yang ditawarkan juga sudah mencakup SEMUA BENUA (Asia, Australia, Afrika, Eropa & Amerika).

Penjualannya kembali melejit pesat, dengan jumlah sales force lebih dari 300.000, penjualan di tahun 2015 mencapai 1.21 Trilyun! :)

Kini Oriflame Indonesia menjadi perusahaan yang diperhitungkan oleh dunia (Oriflame Global), kita urutan 2 dari 66 negara! Dan siap untuk menjadi nomor 1 di dunia!!!

------------------

Keliatan ya bahwa perkembangan Oriflame di Indonesia sangat pesat, bahkan berhasil melalui masa krisis moneter tahun 1999, dan langsung melejit lagi sampai sekarang.

Saat ini (tahun 2016) Oriflame Indonesia memiliki 14 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, yang melayani sekitar 300.000 lebih konsultannya.

Dan sebagai perusahaan Direct Selling, Oriflame juga terdaftar di APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) yang artinya sudah lulus uji & tidak memiliki unsur money game. Bisa cek disini untuk perusahaan-perusahaan yang sudah terdaftar di APLI.

Kepedulian Oriflame Foundation

Perusahaan Oriflame gak cuma mikirin keuntungan bisnis semata, tapi juga peduli dengan sesama dan lingkungan.


Oriflame Foundation

Dibawah payung Oriflame Foundation, Perusahaan Oriflame adalah co founder dari Yayasan Anak-anak Dunia (World Childhood Foundation) yang peduli akan kesejahteraan anak-anak terlantar di Estonia, Lithuania, Latvia, Rusia dan Polandia.

Oriflame juga bekerjasama dengan organisasi global SOS ChildrenVillages dalam memberikan bantuan jangka panjang untuk anak-anak tidak mampu.

Selain itu Oriflame juga bekerja sama dengan LSM terbesar di New Delhi, Deepalaya, untuk membantu pendidikan 1000 anak-anak perempuan disana.

Buat saya semua fakta-fakta perusahaan Oriflame ini membuktikan bahwa Oriflame benar-benar perusahaan besar & bergengsi, bukan perusahaan kemarin sore atau abal-abal. Dan itu benar-benar buat saya makin percaya dan makin cinta sama bisnis Oriflame yang saya jalani sekarang.

Kalau sudah percaya dan cinta, langkah untuk maju terus ke depan juga semakin mantap menjalankan bisnis ini dan mewariskannya ke anak-anak saya nantinya.

Jadi harusnya sudah terjawab sekarang sebagian pertanyaan tentang apa itu Oriflame ya.

Sumber: Diamond Director D'BC Network

0 komentar:

Posting Komentar